manulife-philippinesSebetulnya udah lama banget pengen nulis cerita singkat ini. Tapi bolak balik saat mau nulis, ada aja halangannya. Acara tersebut digelar pada 9 November 2014 silam dengan mengusung tema Investalk.

Agak penasaran sih, bicara soal bisnis namun menggandeng rekan Blogger. Cuman kok kebetulan hal-hal yang berbau investasi dan pembelajaran bisnis selalu membuat saya tertarik. Apalagi lokasi acara juga cukup cozy di sebuah pusat perbelanjaan, dan ditempatkan di sebuah cafe yang seingat saya milik perusahaan BUMN.

 

Sekitar sore hari, saya lupa tepatnya jam berapa, kegiatan bincang santai bertajuk #Investalk ternyata di sponsori oleh pihak Manulife. Jujur aja nih, undangan acara dikoordinasi oleh rekan Komunitas Blogger Surabaya. Dan nggak tahu siapa penyelenggara acara, sampai datang dilokasi di hari-H !!

Secara spesifik fokus pembahasannya pada produk yang sedang naik daun. Dimana seseorang diajarkan berinvestasi, namun produknya bukanlah produk yang berbasis mata uang semacam Forex. Lebih tepatnya produk Reksadana.

Cukup menarik ulasan yang dipaparkan, dan jujur saja saya tertarik. Hanya saja sayangnya sih, setiap acara yang berbau pengenalan produk investasi, resiko sebuah kegiatan usaha jarang untuk dijelaskan dengan gamblang. Ibaratnya orang bakar sate, kita sih cuman mencium baunya, bukan merasakan daging satenya. Analogi yang lain, kita nonton film blue, kostumnya Transparan tapi nggak Telanjang. Jadi masih samar-samar. Begitu sih kalo menurut opini pribadi.

Jujur aja, jaman sekarang menurut saya akan lebih berharga sebelum berinvestasi harus mengenali detail terhadap resikonya. Bukan bicara soal benefit yang akan didapatkan. Mengapa ?… mengenali resiko akan membuat lebih tahu langkah apa untuk mengendalikan situasi terhadap investasi, dan tahu cara menghindari resiko-resiko tersebut. Rasional khan ?…

Apalagi saat ini banyak perusahaan investasi yang asal–asalan dalam melakukan pengelolaan dana. Pointnya ialah pihak Manulife mampu memberikan jaminan terhadap keamanan investasi yang diberikan (sesuai dengan klausul, dan jangan lupa terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku). Karena di dunia ini tidak ada yang 100% bisa dianggap aman.

Bincang investasi yang berlangsung memang cukup gayeng, dan banyak pertanyaan dilontarkan peserta. Termasuk salah satunya ya saya sendiri, hehehehehehe…!! Apalagi ada iming – iming bagi penanya akan mendapatkan goodies yang menarik. Tapi bukan itu sih yang menarik, karena informasinya saya sangat perlu !! Apalagi saat ini saya sedang mencoba bergeser kearah investasi dan bisnis yang berbasis Syariah.

Soal investasi lewat perusahaan pengelolaan dana, juga bukan hal yang baru bagi saya. Karena termasuk salah satu pelaku investasi disebuah perusahaan besar. Bahkan ditawarin juga jadi salah satu agen pemasaran yang hitungan profitnya cukup menggiurkan.

After all, buat saya sih jangan ragu buat mencoba berinvestasi. Tapi saya sarankan kenali dulu dengan detail. Jangan berinvestasi karena tergiur akan bicara soal keuntungan dan prospek kedepan. Tapi pahamilah resiko, dan bagaimana manajemen resiko yang diterapkan agar kita bisa merasa aman.(Dty/*)

 

PS :
Tulisan ini saya tulis secara obyektif sebagai Blogger. Bukan bermaksud untuk mengunggulkan sebuah produk yang telah membantu support terhadap pembuatan Artikel.

Gambar Logo :
http://pinoymanila.com/wp-content/uploads/2014/09/manulife-philippines.jpg