Selasa, 20 Maret 2012 merupakan salah satu hari yang cukup menggembirakan bagi perkembangan dunia I.T di Surabaya. Karena disaat tersebut pihak MUGI Surabaya berkolaborasi dengan pihak AB Promosindo bersama vendor perangkat keras seperti Gigabyte dan Western Digital.

Acara yang diselenggarakan sejak pukul 08.00 WIB bertempat di gedung Auditorium (G3) Fakultas Ekonomi – Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Dan pelaksanaan acara juga menggandeng pihak BEM Jurusan Teknik Elektro Unesa sebagai panitia penyelenggara di venue.

Antusiasme terlihat saat lokasi acara yang dipenuhi lebih dari 200 peserta yang hadir mengikuti pemaparan materi. Konsep kegiatan yang diselenggarakan ialah memberikan edukasi bagi para peserta agar mengetahui dan memahami beberapa perangkat keras yang biasa digunakan.

image  image

 

Pemateri awal mengenai hardware dari pihak Gigabyte – Bp. Benny Lodewijk yang mendemonstrasikan teknologi terbaru yang digunakan dalam sebuah motherboard. Tidak hanya itu saja, beliau juga mendemonstrasikan beberapa fitur yang bias menjadi standart baru dalam sebuah teknologi motherboard.

image  image

Berikutnya ialah penjelasan mengenai variasi harddisk oleh pihak Western Digital yang diwakili oleh Irwan Gunanto. Banyak peserta yang rupanya belum mengetahui tentang perkembangan teknologi harddisk masa kini.

Bagi rekan- rekan penggiat MUGI Surabaya, Cak Irwan sebetulnya bukanlah sosok yang asing. Karena beliau cukup familiar dalam kegiatan bersama Microsoft terutama MUGI. Serta penggiat aktif dalam industri T.I

image image

Selanjutnya peserta mendapat tambahan materi pengenalan aplikasi Windows Live bagi kehidupan, serta sedikit paparan singkat teknologi Cloud oleh Airlangga B. Amitaba (Elang) selaku pengurus MUGI Nasional dan sesepuh MUGI Surabaya, serta perwakilani MDP – Microsoft Partner Network Jawa Timur.

Dalam paparan singkat, dijelaskan fitur-fitur Windows Live sebagai salah satu implementasi penerapan teknologi Cloud secara gratis. Dan pada kesempatan tersebut pemateri juga mendemonstrasikan penggunaan secara online account Office Live.

Sebagai tambahan Cak Elang juga memberikan beberapa buah doorprize bagi beberapa peserta yang beruntung dalam memberikan pertanyaan. Bahkan beberapa pernyataan yang dilontarkan oleh peserta yang dirasa cukup menarik, maka sang peserta mendapatkan hadiah menarik dari pemateri.

image image

image image

Pemaparan materi lanjutan mengenai pemanfaatan account windows live dan sesi Tanya jawab akhirnya dilanjutkan oleh Ditya Rama selaku tim mewakilii Microsoft User Group Indonesia (MUGI) Regional Surabaya. Namun dalam sesi ini, pemateri selain melanjutkan pemaparan Windows Live, juga memberikan materi Peran T.I Bagi Dunia Nyata, sesuai dengan tema workshop “Be Creative With Technology”.

Dalam materi ini peserta juga diajak oleh pembicara untuk melihat potensi yang bisa didapat dari pemanfaatan perkembangan T.I didunia kerja. Serta melihat berbagai celah potensi yang bisa diraih serta beragam keuntungan dari pemilihan dan pengembangan teknologi secara efektif dan tepat guna.

Lebih tepatnya, peserta diajak agar lebih terbuka wawasannya dalam menggunakan teknologi sebagai sebuah sarana dalam meraih keberhasilan. Bukan menganggap teknologi hanyalah sekedar sebuah pilihan teknologi yang menjadi sebuah pilihan berdasarkan idealisme.

Contohnya ialah kemitraan antara pemateri dengan vendor-vendor dunia I.T. Seperti kepercayaan dari pabrikan perangkat keras yang bersedia meminjamkan produknya guna kepentingan penelitian hardware. Bahkan juga digunakan dalam penggunaan uji program dan pada saat pemaparan materi dalam seminar, bisa menggunakan produk sponsor berupa notebook Axioo.

image image

Khusus dalam seminar kali ini, maka sebagai pemateri terakhir, maka tidak terasa afdol jika tidak menampilkan tantangan kepada beberapa peserta. Serta sebagai sarana hiburan dan memberikan beberapa merchandise sebagai hadiah.

image image

Dikesempatan ini juga dibagikan beragam hadiah menarik dari para pendukung acara, dan jumlah yang dibagi cukup menarik. Mulai dari hadiah utama dengan pilihan Hardisk dan VGA, hingga beragam merchandise, serta goodies bag yang berisi bingkisan benda yang tidak jauh dari dari dunia T.I.

image image

image image

Dan dibawah ini beberapa foto Candid yang berhasil didokumentasikan dalam kegiatan, dan penulis sengaja posting agar para pembaca bisa merasakan secara visual kebersamaan dan kemeriahan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Melihat animo peserta, rasanya juga kurang afdol jika acara serupa tidak diselenggarakan di kota lainnya. Nantikan laporan lanjutan mengenai dunia IT bersama MUGI Regional Surabaya. (Ditya/*)

 

Posting awal :

http://mugi.or.id/blogs/ditya_rs/archive/2012/04/04/microsoft-technology-update-creative-vision-at-work-seri-surabaya.aspx