Masih seputar kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan di Surabaya. Kali ini kegiatan dengan tema yang sama kembali digelar di kota Malang pada Kamis 22 Maret 2012. Dan kampus yang bersedia menjadi penyelenggara kegiatan kali ini digelar di Universitas Muhammadiyah Malang – Gedung B.A.U.

Pemateri yang hadir juga masih berasal dari pihak Gigabyte dan Wester Digital, yang akan kembali mengupas lebih dalam mengenai hardware. Sama seperti yang ada di Surabaya, walaupun mayoritas peserta didominasi mahasiswa/wi yang mengenyam pendidikan dalam bidang dunia I.T. Namun masih banyak yang belum memahami dunia I.T lebih dalam, terutama dari sisi perangkat keras.

Dan topik yang dibawakan oleh kedua pemateri, baik dari pihak WDC maupun dari Gigabyte, masih merupakan topik yang sama saat presentasi di Surabaya. Sehingga pemateri tampaknya berusaha ekstra dalam memberikan improvisasi di beberapa segmen pemaparan.

image image

image image

 

Sedikit berbeda dengan Surabaya, dimana acara serupa telah diselenggarakan dua hari sebelumnya dan dihadiri peserta yang cukup padat. Di UMM, acara kali ini dihadiri tidak lebih dari 200 orang peserta. Penyebabnya selain waktu pelaksanaan yang dimulai siang hari, juga beberapa peserta terpaksa harus keluar masuk ruangan, karena di sesi materi tertentu bersamaan dengan jadual perkuliahan.

Uniknya , walaupun jam pelaksanaan kegiatan seminar ini harus berbenturan dengan jam kuliah di sesi tertentu. Akan tetapi selesai perkuliahan, menurut pengamatan penulis, para peserta juga kembali ke venue seminar guna melanjutkan sesi materi yang tersisa.

Antusisme peserta terlihat dari barometer jumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta yang hadir di venue seminar UMM. Walaupun dari kuantitas jumlah peserta kalah dengan di Surabaya, namun lontaran pertanyaan dari peserta kepada pemateri justru jauh lebih banyak dan gencar. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas peserta juga tidak kalah berbobot walaupun ada perbedaan dari segi kuantitas.

Hal lain yang berbeda dari pelaksanaan kegiatan di Malang ialah topik yang dibawakan oleh pemateri akhir Ditya Rama dari MUGI Regional Surabaya didampingi oleh Cak Petrus Hariyanto yang juga merupakan pengurus Regional, memberikan paparan topik yang tidak sama dengan topik di Surabaya. Dan hal inilah yang menjadikan nilai tambah yang berbeda.

Topik yang dibawakan kali ini mengusung tema “Cloud Computing – Era Baru Jasa Industri Teknologi” yang dalam rencana sebelumnya justru akan di paparkan di Surabaya, namun karena alasan tertentu pemateri memtuskan untuk mempresentasikannya di Malang.

Pemilihan tema tersebut sengaja dipilih, karena komputasi awan akan menjadi sebuah trend yang memberikan dampak berbeda dari trend dengan segmentasi yang berbeda. Serta platform Windows Azure sebagai dasar penggunaan komputasi awan, diperkenalkan kepada para peserta.

image image

Hal ini juga membuka wacana pemahaman mengenai jens layanan yang biasa digunakan pada data center, berbeda dengan layanan yang pada platform layanan yang ada di ISP komersial yang jumlahnya cukup banyak. Hal tersebut terlihat dari pertanyaan yang terlontar pada sesi tanya jawab, sehingga pembahasan mengenai komputasi awan masih bisa dianggap sebagai sebuah topik yang menarik.

Sayangnya sesi yang tersedia berada di posisi akhir, sebagai sesi puncak. Dan waktu yang tersedia terbatas, sehingga pemaparan harus dilaksanakan sesederhana mungkin. Juga waktu yang sudah cukup sore juga mempengaruhi kondisi fisik peserta dalam memahami materi.

Sebagai penutup acara, pihak panitia dan sponsor juga menyediakan aneka hadiah serta doorprize pilihan berupa Hardisk dan VGA yang cukup menarik perhatian peserta. Sehingga para peserta selain mendapatkan pengetahuan, juga dimanjakan dengan beragam hiburan hadiah yang jumlahnya cukup banyak.

image image

image image

Walaupun jumlah hadiah cukup beragam, sayangnya tidak semua fotonya bisa ditayangkan pada pemuatan tulisan ini. Karena pasti akan memakan tempat yang cukup banyak. Yang terpenting, semoga pelaksaan kegiatan kali ini lebih bisa membawa manfaat bagi perkembangan dunia T.I di Indonesia (Ditya/*)

 

Posting Awal :

http://mugi.or.id/blogs/ditya_rs/archive/2012/04/04/microsoft-technology-update-creative-vision-at-work-seri-malang.aspx