tuban 10 Surabaya 06.06.2011

Sarapan pagi, kelihatannya berantakan. Tapi ini adalah sup ayam, dengan irisan daging yang agak tebal. Ada sosinya, plus Jamur. Sebagai pengganti nasi, pakai lontong saja. Dan, asesorisnya ialah bawang goreng dan kerupuk udang. Sangat mantab dinikmati pagi hari dengan segelas teh hangat.

Kuah sup ini begitu kental akan kaldu ayam, dan ini membuktikan bahwa daging ayam sudah dimasak terlebih dahulu cukup lama. Khasiat sup ini sangat cocok bagi para penggemar yang sedang menderita flu. Disinyalir dapat meningkatkan stamina tubuh, dan juga jamur yang ada didalam sup ini juga memiliki khasiat serta vitamin yang cukup beraneka ragam. Apalagi jika disajikan saat masih hangat.

Sup ini memang nikmat saat disantap di pagi hari. Kandungan vitamin pada jamur kuping bisa menjadi asupan yang pas bagi tubuh dipagi hari. Walaupun termasuk tanaman, namun kandungan protein yang ada di  jamur cukup tinggi.

Kebetulan penulis menikmati santapan kuliner ini menggunakan lontong sebagai asupan tambahan karbohidrat. Sup ini sajian sayurannya juga minimalis, hanya ada wortel dan kacang polong, tetapi aroma kacang polong membuat wangi semerbak saat masih panas bisa menggugah selera.

Irisan daging ayamnya juga berlimbah, dan kaldu ayam yang digunakan sebagai kuah juga terasa pekat. Dari kuah yang terasa kaldu ayamnya bisa diketahui bahwa jumlah ayam yang dimasak jumlahnya cukup banyak. Kejutan lainnya ialah ada irisan daging sosis sapi.

Secara estetika, penampilan penyajian sop ini memang kurang menarik dan hal tersebut adalah kelemahan utama sup ini. Namun dari segi rasa boleh dikatakan luar biasa, karena perpaduan bahan masakan didalamnya bisa menciptakan sensasi rasa yang berbeda. Apalagi saat itu suasana pagi sedikit berawan dan udara terasa dingin. Jadinya sangat pas jika menikmati sup ini saat masih hangat, sambil ditemani segelas teh manis hangat dipagi hari. (ditya)