tuban 6 TUBAN 23 – 24 MEI 2011

Buah pencuci mulut… Beli sendiri langsung didesanya, dengan jarak tempuh yang tidak jauh dari kota Tuban, dan nggak sampai 30 menit. Nama buah ini Siwalan (bukan sialan lho yaa). Hasil dari pohon Lontar / Nira. Cukup lumayan murah, kalo sudah bukan dari desanya asli, harga jual bisa melambung sekitar 300%. Air sadapan pohon ini, konon kabarnya bisa jadi penyebab anti penyakit Batu Ginjal.. Makanya penyakit tersebut, bukan penyakit yang cukup ngeTrend didaerah Tuban..!!

Buah ini memiliki kulit luar yang tebal berwarna ungu gelap. Tapi jangan kuatir, penjualnya siap untuk mengupas kulitnya jika ada yang membeli. Bagian dalam buah ini yang dikonsumsi berwana putih semi transparan, dengan textur daging yang kenyal. Rasanya agak sedikit masam, namun mayoritas orang mengatakan kalau rasanya tawar.

tuban 7

Buah ini sangat cocok dipakai sebagai campuran es Dawet, dan ada juga penjual yang secara khusus menjual Dawet Siwalan. Namun jika dikonsumsi secara langsung juga tidak apa-apa. Sangat direkomendasikan jika buah ini jika ingin dikonsumsi secara langsung, mendingan disimpan dahulu didalam lemari pendingin, agar terasa lebih segar.

Saat akan membeli, usahakan menawar dahulu. Andaikata tidak menawar dan membeli dalam jumlah besar, usahakan minta bonus tambahan. Biasanya pembeli diperbolehkan dan akan dikupaskan beberapa buah sebagai tester, atau buah yang bisa dikonsumsi secara gratis. Oh iya, pedagang buah ini juga menjual legen yang masih asli tanpa campuran.

Letak desa penjual buah ini ada didaerah yang agak tinggi. Kondisi geografisnya cukup gersang, dan berbatu. Namun anehnya pohon Lontar / Nira banyak tumbuh didaerah ini. Jika beruntung, pada saat mengunjungi desa ini di hari libur, maka akan bisa menikmati pemandangan para anggota klub sepeda berlatih secara konvoi melewati jalanan desa yang kondisinya cukup menanjak, (Ditya)