Map picture

Beberapa waktu yang lalu, penulis sempat meluangkan waktu untuk meredakan gejolak pikiran dengan berjalan-jalan ke kota Probolinggo. Dan dari judul yang ada, sudah jelas hanya akan memberitahu informasi biaya bisa antar kota Surabaya menuju Probolinggo. Jumlah nominal yang terbayarkan juga cukup relatif, berdasarkan pengalaman tanggal 16 Desember 2011 lalu dengan menumpang Bis AKAS, hanya menghabiskan biaya Rp. 23.000,-

Saat perjalanan pulang dari melancong, penulis memutuskan untuk bergabung bersama rekan-rekan dari Malang mengendarai motor dari Probolinggo ke terminal bis Pasuruan. Dengan tujuan agar naik bis kota dari wilayah Pasuruan, mengingat saat itu sudah tengah malam. Beberapa rute jalan di daerah Grati dan Nguling kondisi jalannya kurang nyaman karena ada perbaikan. Dan justru terasa lega dan bebas jika melalui jalan tersebut dengan sepeda motor.

Setelah sampai di Pasuruan, penulis melanjutkan perjalanan dengan menumpang bis antarkota. Perjalanan terasa cepat, karena jalanan sepi, sehingga tidak terasa waktu tempuh yang dihabiskan. Namun alangkah terkejutnya saat hampir tiba di jalan Tol Porong Sidoarjo menuju Surabaya. Saat itu kondektur berkeliling untuk mengambil biaya tiket transport dari penumpang. Biaya yang harus dikeluarkan oleh penulis hanya Rp. 8.000,-. Dengan catatan, saat itu penulis tidak memperoleh tiket, anggap saja itu hasil sampingan kondektur dan sopir bis kota tersebut.

Entah apa yang bisa membuat perbedaan harga begitu jauh. Iseng – iseng penulis mencari informasi mengenai jarak tempuh, apakah mempengaruhi biaya. Dan dari informasi yang didapat malah sebaliknya. Jarak tempuh Surabaya-Bangil-Pasuruan = 64 km, sementara jarak tempuh Pasuruan-Probolinggo = 38 km. Ada perbedaan yang cukup signifikan yang bisa menjadi pertanyaan. Apakah uang Rp. 8.000,- tersebut adalah biaya tidak normal ? Rasanya itu adalah biaya normal, walaupun tanpa tiket.

Akan tetapi ini bisa menjadi tips perjalanan yang menarik. Apalagi buat para pelancong yang ingin sedikit menghemat biaya transportasi. Oh iya, biaya parkir menginap yang dikeluarkan di tempat penitipan sepeda sekiataran Terminal Bungurasih, hanya membutuhkan biaya Rp. 2.000,-/ malam. Jadi setidaknya para pelancong bisa memperhitungkan biaya transport yang dikeluarkan. Itupun belum termasuk biaya snack selama di perjalanan lho ya. Semoga info ini bermanfaat. (Ditya)

Peta : Dari BING Maps