DSC00976 Berbagai aplikasi terbaru hadir meramaikan pasar software didunia. Termasuk RAD Studio XE2 yang release di Surabaya Town Square Suite Hotel pada 07 Desember 2011.

Sebagai salah satu platform aplikasi bisnis, RAD Studio XE2 merupakan nama baru dijajaran perangkat lunak. Namun sebagai salah satu yang diklaim sebagai salah satu aplikasi versi enterprise, sesungguhnya perangkat lunak ini sudah hadir lebih dulu dikalangan para proffesional dengan nama Delphi.

Melalui aplikasi ini, para developer diajak untuk dapat menciptakan berbagai macam perangkat lunak dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi didunia yang serba terhubung dan on the go dewasa ini, pengembang diharapkan dapat menciptakan akses ke aplikasi dan informasi pada banyak platform dan piranti yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

RAD Studio XE2 diharapkan dapat digunakan penuh bagi kalangan pengguna perangkat lunak pada segmen Corporate, Developer, dan Akademik. “Aplikasi ini sangat cocok bagi para pengembang yang menginginkan efisiensi tinggi, dan sudah memiliki dukungan baik dari sisi purna penjualan. Dan juga dari sisi dukungan penggunaan lewat forum komunitas,” ungkap Embarcardo Product Specialist Wikuardi N.K.

Salah satu fitur yang diunggulkan dalam aplikasi ini ialah hadirnya teknologi RAD (Rapid Application Development). Yang diakui dianggap salah satu perkakas teknologi guna menciptakan penampakan visual dalam pembuatan sebuah prototype teknologi. Dan beberapa fitur tambahan seperti VCL dan FireMonkey juga turut disertakan agar pengembang piranti lunak dapat menciptakan sebuah aplikasi berbasis HD dan 3D secara visual.

Pria yang akrab dipanggil dengan nama Wiku ini mengungkapkan bahwa pada event peluncuran di Surabaya, pihaknya mendatangkan Gordon Li selaku Senior Technical Consultant dari Singapura yang didampingi oleh Chris Ho selaku Sales Manager Asia Pasific dan Principle Embarcaderro. Serta untuk memajukan perkembangan teknologi Surabaya, ditunjuk Eko Indriyawan selaku Embarcadero Training Partner selaku perwakilan partner training lokal Surabaya.

Kendala mengenai masalah lisensi yang mahal juga menjadi fokus perhatian, pihaknya mengakui telah mempersiapkan program lisensi yang diluncurkan dengan nama Program 1000 Lisensi bagi penggunaan Delphi XE 2 Versi Enterprise. Lewat program yang berkolaborasi dengan P.T ECS Indo Jaya, diharapkan solusi aplikasi dari pihak Embarcadero bias memenuhi kebutuhan pasar terhadap teknologi yang murah. (Ditya)

Posting awal : http://beritasurabaya.net/index_sub.php?category=8&id=4690