IMG_6519Beberapa waktu lalu rekan-rekan MUGI Lamongan yang digawangi oleh Cak Masykur Cs, mengadakan acara workshop yang bertajuk “Microsoft Technology Up Date”. Acara tersebut digelar pada hari Minggu, 30 Mei 2010 dan cukup mendapat perhatian publik yang memenuhi ruangan Universitas Islam Lamongan (UNISLA).

Dengan jumlah peserta yang tercatat lebih dari 128 orang, acara tersebut dihadiri dari beberapa kalangan. Mulai dari mahasiswa dan mahasiswi, praktisi dunia pendidikan, masyarakat umum, dan beberapa aktivis open source. Kesibukan panitia dalam menggelar acara tersebut telah terlihat beberapa hari sebelumnya, terlihat dari aktivitas promosi secara above the line maupun below the line. Padahal pada saat satu hari menjelang perhelatan kegiatan, hanya tercatat 70 orang peserta. Namun pada saat hari H acara dilaksanakan, para peserta yang mendadak mendaftar, jumlahnya membeludak cukup drastis, dan diluar prediksi.

Narasumber yang hadir untuk mengisi acara ini berasal dari rekan-rekan Mugi Surabaya, yaitu Cak Fridy Mandita, Cak Gondrong (Elang/Airlangga), dan Cak Ditya. Perjalanan dari Surabaya menuju Lamongan oleh para narasumber dimulai pada pagi hari sekitar pukul 07.00 wib dan tiba di kota yang terkenal dengan Nasi Boranan pada pukul 08.00 wib menaiki bis antarkota dari terminal Bungurasih.

Sesampainya di kota Lamongan, seperti biasa tim Mugi Surabaya dengan sedikit gaya narsis, menyempatkan diri untuk berpose di depan Lamongan Plaza, sambil menanti ‘”ojek” jemputan  dari rekan-rekan panitia UNISLA. Yang rupanya UNISLA hanya berjarak sekitar 350 meter dari Droping Zone bus kami . Oh iya, Masalah “Security” kehidupan sehari-hari di fitur menu “Safety Riding” bagi teman-teman Mugi Lamongan juga agak terlupakan, soalnya penumpang ojek nggak dibawakan helm !

Jujur saja, yang terjadi saat menjemput tim Mugi Surabaya cukup bikin kaget. Maklum kami yang ada di Surabaya terbiasa untuk selalu mengenakan helm. Dan lebih disiplin dalam berlalu lintas, Jawa Timur (Jatim) pada umumnya khususnya di Surabaya menjadi pilot project Safety Riding. Mungkin Cak Masykur yang jadi admin UAC ke user account-nya lupa untuk membawakan fitur HELM dengan posisi ON. Yang dikhawatirkan, kalau ada apa-apa dengan kami pada saat berkendara di jalan bagaimana ? Apalagi Cak Fridy sebentar lagi harus ke luar negeri ke Thailand dan Jerman setelah menerima kabar beasiswa belajarnya disetujui, dan minggu depan terpaksa mendadak nikah (Akhirnyaa…… Bisa belah duren !!!, tapi kalo ada apa-apa dijalan bagaimana ??).IMG_6517Kiri ke Kanan: – Cak Fridy dan Cak Gondrong mendarat dari bus.

Rasa kagum tim Mugi Surabaya saat memasuki halaman UNISLA tidak berhenti, walaupun hari masih pagi, rupanya aktivitas panitia terlihat tanpa henti. “Teman-teman Mugi Lamongan untuk mendukung acara ini, tampil all out. Malah seluruh rekan-rekan Mugi Lamongan pada gotong royong mensukseskan acara ini agar lebih meriah”, ujar Cak Masykur yang menjabat ketua Mugi Lamongan saat diwawancarai Mugi surabaya.

IMG_6534

Atas: Cak Masykur, Leader Mugi Lamongan dengan pose Cute-nya

Bahkan ujar pria yang terkenal sebagai salah satu ahlinya Access dari Lamongan mengatakan bahwa dirinya bersama tim mempersiapkan semua kegiatan beramai-ramai. Sehingga persiapan dan lokasi event serta perijinan berjalan mulus. Hingga spanduk pun rupanya sudah menyapa kami saat memasuki pintu gerbang kawasan UNISLA. Para bidadari Mugi Lamongan terlihat turut ambil bagian menjadi pendamping kepanitiaan dengan cukup cekatan sejak pagi hari, seperti yang ada pada foto berikut ini.

IMG_6525 IMG_6524 IMG_6537

Pada kesempatan inilah yang kami (Mugi Surabaya-red) gunakan untuk berbenah diri melakukan persiapan alat. Dan juga kami berterima kasih kepada pihak Axioo yang telah membekali kami dengan Tiga unit Laptop sebagai perangkat demo, dan menunjukkan kehandalannya sebagai salah satu pilihan konsumen terhadap kebutuhan konsumen komputer jinjing. Dan juga seperti biasa “Men Sana In Corpore Sano” didalam jiwa yang sehat terdapat pikiran yang sehat, jadi untuk menjaga kesehatan maka pasukan Mugi Surabaya tidak menyia-nyiakan untuk menyantap asupan vitamin agar tidak sakit kecapekan. Maklum belum sarapan, dan habis begadang. Beruntung Cak Masykur  CS, mendatangkan paket khusus Nasi Boranan..!!

IMG_6526

Setelah proses pengisian nutrisi Mugi Surabaya usai, acara pun langsung dimulai. Diawali dengan pembacaan lantunan doa ayat suci Al Quran yang menyejukkan hati oleh Ustadz dari UNISLA dan dipandu oleh Master of Ceremony UNISLA yang merupakan Ustadzah yang cukup manis, kemudian diteruskan dengan beberapa kata sambutan dari Panitia, Rektor, dan tentunya Cak Masykur sebagai ketua Mugi Lamongan.

IMG_6529 IMG_6538 IMG_6542

Saya pun langsung mendapat giliran pertama sebagai pemateri pengenalan Windows 7 and Security. Acara ini walaupun cukup serius, pengemasannya berusaha sebisa mungkin agar cukup atraktif. Karena materi cukup kompleks, akhirnya saya sendiri tidak terasa telah “merampok” jatah waktu satu jam lebih panjang dari yang disediakan. Apalagi disaat acara, selalu sisipkan quiz dengan taburan hadiah menarik yang disponsori Microsoft dan Axioo.

Acara quiz ini rupanya bisa menjadi daya tarik untuk mengendurkan urat syaraf yang tegang. Dan bisa menarik antusias pengunjung, Bahkan beberapa peserta quiz sengaja saya adu antara peserta dari SMK dengan kawan Mahaiswa semester 4. Dan hasilnya yang muda yang berbakat, dari SMK menjadi jawaranya. Hadiah yang kami tebar lewat acara quiz begitu banyak namun karena dokumentasi fotonya terlalu banyak, saya tampilkan foto duel menjawab dari peserta SMK vs Mahasiswa.

IMG_6571 IMG_6572

IMG_6577IMG_6578

Sebagai selingan, maka kamipun tidak lupa mengundang pihak Axioo dalam memberikan wawasan pengetahuan produk  notebook, tablet PC, dan netbook yang tepat guna bagi konsumen. Bahkan banyak tips-tips bermanfaat yang di informasikan kepada para peserta, sampai sesi tanya jawab berlangsung dengan heboh. Bahkan pemateri Mugi Surabaya, berkesempatan mencoba produk Axioo selama beberapa hari dan di uji coba dengan software Microsoft. Karena kami selalu bermitra dengan vendor tersebut dalam memberikan edukasi bagi masyarakat. Semoga pihak Axioo berkenan menghibahkan Notebooknya kepada kami (hehehe..).

IMG_6535

IMG_6579 IMG_6587

Pemateri berikutnya ialah dari kantor Pusat Data Elektronik (KPDE) Pemkab Lamongan, yang memaparkan perkembangan penggunaan Operating System bagi masyarakat Lamongan. Dan rupanya, pada acara tersebut juga terjadi “pengakuan” akan handalnya penggunaan Windows 7 pada laptop oleh beliau yang menjabat sebagai Kepala Dinas di KPDE Lamongan. Karena pengalaman pribadinya, rupanya menjadi referensi bagi beliau dalam memberikan “pencerahan” Iptek bagi masyarakat Lamongan.

IMG_6588 IMG_6590

Dari Tim Mugi Surabaya dilanjut dengan pemateri berikutnya yaitu Cak Airlangga (cak Gondrong) yang merupakan pakarnya dalam memberikan pencerahan pada materi Introduction Office 2010, namun dikombinasikan dengan penggunaan Microsoft Access. Aksi demonya membuat penonton terpukau, akibat fitur Office yang kini makin canggih dan tidak membuat pusing. Apalagi contoh kasus yang diberikan membangkitkan antusiasme bagi peserta yang sebagian merupakan ahli edukasi dan membutuhkan aplikasi yang bisa berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari di dunia pendidikan.

Apalagi yang cukup unik, aplikasi yang digunakan juga telah diperkenalkan untuk memberikan wawasan bagi para peserta Workshop dalam memahami teknologi “Cloud” dimasa depan. Agar lebih semakin interaktif, salah seorang peserta juga didaulat untuk maju mempraktekkan secara langsung dengan menggunakan aplikasi office yang ada, agar bisa bersinergi lewat internet. Dan hadiah merchandise berupa payung cantik persembahan panitia dari Mugi UNISLA diberikan kepada lima peserta yang turut berpartisipasi.

IMG_6608 IMG_6613

IMG_6616IMG_6615IMG_6617

Pemateri terakhir ialah Cak Fridy Mandita dari Mugi Surabaya, beliau langsung mendemokan kecanggihan penerapan Visual Studio 2010 dan Silverlight. Teknologi ini juga menarik perhatian pengunjung, karena banyak demo video yang cukup mencengangkan berhasil membuat peserta workshop terpaku melihat layar display. Bahkan film besutan karya Hollywood juga sempat diperagakan, walaupun cukup singkat.

Secara gamblang, pria yang akan melanjutkan studi S2 ke negeri dimana pantai Pattaya berada ini menjelaskan bahwa Silverlight merupakan sebuah aplikasi yang akan menjadi salah satu jawara masa depan. Teknologi animasi yang dikembangkan cukup kompleks, dan walaupun mencakup kemampuan hasil grafisnya yang tinggi, namun secara singkat Silverlight juga dapat diterapkan dengan mengkombinasikan dengan kode program.

IMG_6618 IMG_6621

Oh iya, diakhir acara para pemateri juga sempat melayani pertanyaan dari beberapa peserta. Karena waktu yang tersedia sangat terbatas, dan hari telah menjelang sore. Kesibukan panitia juga tidak berhenti, bahkan panitia yang tidak menduga akibat membeludaknya jumlah peserta, terpaksa mencetak Sertifikat penghargaan dan kehadiran tambahan. Hingga ketua Mugi Surabaya yang juga akrab dipanggil Cak Gondrong (Airlangga), harus memberikan sedikit goresan tulis bagi peserta.

Pokoknya buat Mugi Lamongan benar-benar surprise buat jumlah pesertanya yang bisa membeludak diluar prediksi, saya akan mendukung penuh jika ada yang bisa kita (Mugi Surabaya-red) bantu. Walaupun panitianya juga sedikit kelabakan dalam mempersiapkan ‘penghargaan’ bagi para peserta,” ujar jejaka yang juga akrab dipanggil Cak Elang.

IMG_6623 IMG_6624

Diakhir acara, pihak panitia tidak lupa untuk menyempatkan diri mengabadikan kenangan dalam pose bersama lewat bidikan kamera. Semoga acara yang bisa memberikan wawasan dalam pengembangan teknologi bisa terus berjalan bagi masyarakat oleh rekan-rekan Mugi Lamongan. dan aktivitasnya tidak hanya berhenti pada event tersebut. Bravo !! (dty/*)

IMG_6625 IMG_6629 IMG_6630 IMG_6631

. .

.

Postingan awal : http://mugi.or.id/blogs/ditya_rs/archive/2010/05/31/microsoft-technology-up-date-goes-to-universitas-islam-lamongan.aspx