image Seringkali timbul pertanyaan pada para pengguna komputer, apakah memory (fisik) yang ada dalam komputer sudah bekerja dengan baik dalam mendukung kerja komputer?.. Pertanyaan ini wajar terlontar bagi pengguna komputer, dan kali ini sudah tersedia alat bantu perangkat lunak (software tools) yang bisa digunakan untuk melihat kerja memory yang dibenamkan dalam komputer, apakah bisa memberikan rasa aman pada saat bekerja sehari-hari. Dan yang terpenting, agar bisa mengetahui dan menghitung kebutuhan memory baik secara fisik atau virtual  dengan jumlah yang seperti apa yang nantinya akan digunakan. Dan tentunya bisa menyimpulkan pilihan sistem operasi (Operating Systems/OS) 32 bit atau 64 bit yang akan dikehendaki nantinya.

Dengan menggunakan sebuah software yang bernama VMMap produksi Sysinternals Windows yang bisa di unduh di http://download.sysinternals.com/files/vmmap.zip dan pada saat tulisan ini dibuat, versi VMMap ada pada seri 3.1 dengan besaran file sejumlah 548 Kb. Keunggulan VMMap lainnya ialah bisa melakukan proses analisa pada kemampuan memory virtual pada saat komputer melakukan proses kerja. Yang juga patut diketahui, bahwa memory secara fisik (working set) juga terdapat pada memory grafis yang dalam kasus tertentu menggunakan memory internal komputer dan digunakan untuk mendukung proses kerja sistem operasi pada proses-proses tertentu.

Dengan data analisa yang akurat, maka anda bisa memungkinkan untuk mengidentifikasi sumber-sumber penggunaan proses memory dan biaya memory fitur aplikasi. Semuanya akan dapat diketahui dari ringkasan informasi dan peta dari tampilan laporan VMMap dengan rinci dalam bentuk gambar tabel laporan. Secara singkat, VMMap merupakan salah satu aplikasi wajib yang sederhana bagi para pengembang (developer) yang ingin memahami dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya memori pada aplikasi yang sedang ataupun telah dibuat.

Proses instalasinya juga cukup mudah, setelah anda mengunduh file dari tautan rujukan (link) diatas, maka akan diperoleh sebuah file denga nama vmmap.zip. Setelah file tersebut diekstrak, akan muncul dua buah file, yaitu  vmmap.exe dan Vmmap.chm. Dan untuk menjalankan program ini cukup klik saja melakukan proses instalasi dengan meng klik mouse pada file vmmap.exe maka akan muncul jendela EULA seperti dibawah ini. Pada tahapan ini kita bisa langsung menekan tombol agree, dan melanjutkan ke proses selanjutnya.

image

Lalu akan keluar jendela pilihan aplikasi yang sedang berjalan, disini anda diminta untuk memilih suatu proses yang akan anda pilih. Ada baiknya untuk menekan tombol Refresh, agar VMMap melakukan pembaharuan jika ada aplikasi yang tidak muncul saat proses pemilihan berjalan.

image

Jendela utama analisa VMMap pada sebuah proses akan terlihat pada tampilan seperti dibawah ini. Semuanya terangkum dengan komplit, dan disajikan dengan sederhana. Untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi VMMap ini bisa melihat panduan pada file Vmmap.chm yang turut disertakan dalam paket unduhan tadi.

image

Lewat analisa ini, maka para pengguna komputer bisa menyimpulkan, apakah pengguna sudah saatnya menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan proses tweak. Dan bagi pengembang bisa mengetahui pola penggunaan memori pada aplikasi yang dikembangkan. Apalagi salah satu kelebihan aplikasi ini, bisa menganalisa penyebab fragmentasi memori virtual. Yang patut diketahui, kasus fragmentasi memori terjadi akibat alokasi memori gagal meskipun anda sudah memiliki ruang bebas yang cukup tersedia di ruang  proses, dan tak pelak sering muncul peringatan “out of memory error”.

Diharapkan lewat penggunaan aplikasi ini, diperoleh informasi yang akurat dalam menafsirkan output / keluaran pesan dalam penggunaan VMMap. Apalagi pada saat proses, terdapat banyak tumpukan pesan dalam komputer yang terkadang membuat para pengguna awam bingung dalam menerjemahkan arti pesan yang ada. Semoga artikel ini bisa meningkatkan keamanan dalam penggunaan komputer. (ditya)

Sumber gambar : http://funkynetter.com/juni-2011/ram.jpg

Artikel ini juga dimuat di : http://mugi.or.id/blogs/ditya_rs/archive/2011/09/30/mengintip-keamanan-kerja-memory-dengan-vmmap.aspx