Untuk kali ini MUGI Regional Surabaya memberikan sesuatu yang berbeda dalam penyelenggaraan kegiatan. Salah satunya ialah laporan kegiatan yang biasanya dilakukan cukup cepat, namun karena padatnya aktivitas maka waktunya tanggal pelaporan juga semakin maju. Hal ini merupakan sebuah kemajuan yang lain dan berusaha memberikan sebuah nuansa yang berbeda.

image

Report awal sebelumnya telah ditulis oleh Raymon Engelbert di http://ucxrays.wordpress.com/2011/09/19/event-report-surabaya-exchange-2010-high-availability-workshop-17-september-2011/ . Hal menarik dalam kegiatan kali ini ialah antusiasme publik terhadap kegiatan yang notabene publikasinya dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Dengan waktu persiapan tidak sampai satu minggu!

Untungnya beberapa mitra yang telah menjadi Vendor Partner yaitu P.T Terra Indonesia yang diwakili oleh Bp. Yohanes Hari Widodo dengan support berupa  dua unit server Rainer. Serta Venue Partner dari PT.PP, Grosir Kapas Krampung, Plaza Pendidikan Indonesia Cerdas – Kapas Krampung Plaza, membuat kegiatan yang dilakukan pada Sabtu, 17 September 2010 dapat berlangsung dengan lancar.

Menariknya, acara ini diselenggarakan tanpa ada persiapan khusus. Hanya keinginan spontan dari narasumber untuk melakukan kunjungan dalam proses kegiatan berbagi pengetahuan. “Asal ada tempat yang representatif, dan ada peserta yang mau untuk terlibat. Maka saya mau kok datang ke Surabaya dengan sukarela,” tutur Raymond saat berkoordinasi dengan pihak panitia sebelum kegiatan dilaksanakan.

Dan yang tidak terduga ialah antusiasme para peserta yang cukup majemuk. Bahkan ada yang berasal Bojonegoro, yang notabene merupakan sebuah kota yang posisinya cukup jauh dari Surabaya. Dan membutuhkan jarak tempuh sekitar tiga jam melalui perjalanan darat dengan menggunakan bis kota, ditambah hampir 30 menit menggunakan transportasi dalam kota dari terminal menuju venue. “Materinya menarik, dan ini sesuatu yang harus dikenal. Biaya kegiatan juga cukup aneh untuk sebuah kegiatan, dapat voucher beli buku, snack, dan snacknya juga masih boleh tambah. Apalagi narasumbernya dari Jakarta.”, ujar Mohamad Muat yang merupakan peserta dari Bojonegoro tersebut.

IMG_8134 IMG_8137 IMG_8131

IMG_8150 exchange 5 IMG_1778

Aksi kegiatan Raymond Engelbert dan peserta Workshop didalam ruangan

Andik Susilo selaku ketua panitia dan leader penyelenggaraan kegiatan ini menyatakan bahwa ide berkegiatan ini berlangsung secara spontan lewat sebuah pembicaraan dalam jejaring sosial. Namun materi yang ditawarkan oleh narasumber, bisa menjadi sebuah khasanah workshop yang selama ini sering diselenggarakan di Surabaya. Bahkan yang mengejutkan, beberapa peserta merupakan praktisi profesional yang juga setiap hari berkecimpung dalam dunia server. Dan ini merupakan sebuah kejutan yang tidak terduga sebelumnya, dan diluar ekspektasi pihak panitia. Malahan para peserta mendapatkan hasil yang lebih, misalnya sertifikat, serta masih banyak peserta yang mendapatkan diskon sebanyak 25 persen dari biaya kontribusi, belum termasuk Voucher belanja buku, serta snack yang jumlahnya cukup berlimpah, ini diluar kontribusi perijinan tempat, alat, dan fasilitas yang disediakan. Menurut bapak dari satu orang putri ini mengatakan, iklim arek Surabaya memang benar-benar Bondho Nekat (Bonek) dalam  membuat sebuah acara.

IMG_8141 Cak Andik Susilo yang merupakan leader, berpose dengan voucher belanja buku ditangannya

Beberapa peserta yang hadir merupakan anggota dari MUGI Regional Malang, para profesional di bidang T.I, serta mahasiswa kampus STIKOM Surabaya. Yang menjadi perkembangan cukup menggembirakan ialah, 70 persen peserta yang hadir bukanlah anggota MUGI di Jawa Timur. Dan ini memberikan indikasi bahwa masyarakat sudah mulai memberikan apresiasi terhadap perkembangan teknologi. Dan butuh kegiatan agar dapat memberikan wawasan dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Dalam kesempatan kali ini, penulis mendapatkan kesempatan memberikan pemaparan tentang server secara Hardware. Apalagi dukungan perangkat Server RAINER yang digunakan, cukup memberikan andil besar dalam kelancaram kegiatan. Bahkan dengan menggunakan konfigurasi Hardware (perangkat keras) yang tepat. Maka para peserta telah mendapatkan edukasi dalam pemilihan server yang baik dan benar.

Selain itu disela-sela kegiatan, para peserta juga mayoritas mendapatkan banjir hadiah berupa berbagai macam merchandise. Apalagi konsep acara yang penuh totalitas didedikasikan bagi para peserta, maka untuk mendapatkan beberapa hadiah utama, beberapa peserta didaulat mengikuti quiz yang bisa menjadi hiburan ditengah-tengah keseriusan acara yang sedang digelar. Karena kegiatan ini merpakan wujud totalitas panitia dalam berkegiatan dengan konsep dari peserta dan untuk peserta.

IMG_8144 IMG_8142 IMG_8143

IMG_1783 IMG_1763 IMG_1776

IMG_8149 IMG_8146 IMG_8147

IMG_8159 IMG_8157 IMG_8158

Aksi menghibur dan dihibur, dari peserta untuk peserta, dipandu oleh dua presenter ternama.

Pria yang akrab dipanggil Ray mengatakan, bahwa dalam kegiatan kali ini merupaka sebagai wujud perhatian agar masyarakat lebih mengenal perkembangan teknologi. “Kali ini sebetulnya bukan masalah para peserta mengerti terhadap materi yang saya berikan. Namun lebih ke fokus agar masyarakat, terutama pelaku didunia IPTEK sudah memberikan perhatian dan memahami (aware) terhadap perkembangan teknologi. Dan kegiatan ini bisa menjadi katalisator agar ada perkembangan dalam mencari pemahaman lebih lanjut,” ungkap pria yang juga menggemari kegiatan fotografi.

Lebih lanjut, kegiatan ini nantinya juga bisa menjadi wadah silaturahmi, serta bisa berlanjut dalam sebuah forum komunikasi lanjutan dalam pengembangan pengetahuan. Beberapa peserta mengaku bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal yang cukup berharga dalam proses pemahaman dinamika teknologi yang berkembang cukup pesat. Para peserta juga berharap untuk dapat terus bisa berkomunikasi dengan narasumber bahkan hingga kegiatan usai diselenggarakan.

 

IMG_1802 IMG_1813 IMG_1797

IMG_1811 IMG_1808 IMG_1810

IMG_1807 IMG_1812 IMG_1815

 Pose  para pelaku dalam kegiatan workshop

di suramadu di suramadu 1

Punggawa MUGI Malang dan Narasumber, menyempatkan diri mengunjungi Jembatan Suramadu hingga disisi Pulau Madura hingga pukul 3 dini hari.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi aktivitas yang bisa mencerdasakan Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju, dan menghasilkan generasi yang bisa bersaing dalam ranah dunia IPTEK di era globalisasi. (Ditya).

.

..

Foto @copyright by Cak Raymond & Ditya

Postingan awal di : http://mugi.or.id/blogs/ditya_rs/archive/2011/09/29/laporan-workshop-high-availability-exchange-server-2010.aspx