Beberapa waktu sebelumnya saya agak tergelitik dengan informasi dari rekan-rekan yang ada di milis MUGI (Microsoft User Group Indonesia), dan menyinggung masalah pada Blue Screen saat menyalakan komputer. Awalnya saat itu saya kurang begitu menaruh perhatian terhadap probelm tersebut, maklum para tukang service door to door udah begitu hapal pada penanganan kasus ini. Banyak panggilan dari pemilik PC rumahan yang kaget kok tiba-tiba PC nya keluar Layar Biru atau bahasa kerennya Blue Screen Of Death (BSOD).

Dari posting berbagai macam Blog, masalah ini sudah pernah dibahas, namun saya akan mencoba membantu untuk menambahi secara lebih detail tentang permasalahan yang sering menimpa pada pemilik komputer.

 

Dan kebetulan, selama beberapa hari ini secara beruntun saya menangani kasus (BSOD) berulang kali. Dan akhirnya dengan sedikit pengamalan serta bantuan mencari tambahan informasi dari sana dan sini. Mungkin artikel yang saya buat ini mungkin bisa sedikit membantu bagi rekan-rekan yang hobby mengoprek komputer ataupun menggunakan komputer dalam jangka waktu lama dengan berbagai macam tujuan, hingga komputernya keluar si Layar Biru atau Blue Screen.

Berikut ini adalah beberapa hal keterangan sebagai  penyebab keluarnya Blue Screen Of Death pada komputer anda:

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.

Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.

Penyebabnya:

– Driver yang bentrok atau tidak cocok, sehingga berpengaruh pada file dengan extensi .DLL

– Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda

– Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.

Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:

– Overclock Hardware yang berlebihan

– Komponen komputer yang terlalu panas

– BIOS yang korup

– Memory dan CPU yang cacat, ini yang sering terjadi. Maklum kualitas barang yang sekarang benar-benar payah, walaupun masih baru.

4. DATA_BUS_ERROR

Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER

Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru. Sehingga rusak pada komponen .DLL windows

9. PEN_LIST_CORRUPT

Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak

..

Jika ingin memiliki Tools yang diciptakan oleh pihak keTiga guna menganalisa lebih dalam soal BSOD maka bisa mengunduhnya disini.Tools tersebut akan sangat berguna bagi yang ingin mengetahui penyebab erorr BSOD, karena ada beberapa kasus dimana si Layar Biru hanya bersifat sementara. Dan yang tidak disadari oleh pemilik komputer, bahwa sebenarnya si Windows melukan aksi pencatatan (log) saat terjadi kasus BSOD dan melaporkannya kepada kita dengan mode tampilan yang bikin “haru biru”. Biasanya sih para pengguna akan langsung panik atau memanggil tukang servis secara dadakan, dan vonis si tukang kadang juga dadakan tanpa memberikan hasil analisa terlebih dahulu dan mengetahui dengan pasti penyebab penyakitnya. Sehingga akan lebih bijak kita bisa mengetahui penyebab kerusakannya terlebih dahulu, dan jika nggak mau repot, gunakan aja tools tersebut.

Oh iya, jangan lupa bermain-main over clock juga dapat menyebabkan munculnya BSOD dengan cepat. Karena sistem pendinginan pada komputer bekerja dengan tidak normal. Dan bagi komputer yang dipaksa untuk bekerja secara non-stop (terutama di komputer layanan publik), sangat dianjurkan untuk di support dengan pendingin tambahan, minimal pakai kipas angin.

Juga yang sering amat sangat terjadi, jika Blue Screen terjadi tapi tidak berdasarkan pada 10 (sepuluh) penyebab diatas, maka kemungkinan yang paling besar akibat Windows yang corrupt, ataupun ada Crash program. Untuk masalah ini saya agak lupa notifikasi pada saat layar BSOD muncul. Yang jelas ada tulisannya kalu di C:// ada masalah, cuman lupa bagaimana detailnya. Serta yang terpenting adalah, lakukan pembersihan pada Registry Windows secara berkala, karena hal tersebut rupanya sangat mujarab. Apalagi bagi komputer yang sering digunakan untuk uji coba beragam software. (dty/*)

Berikut ini saya sisipkan contoh gambar-gambar Blue Screen Of Death atau kasus si Layar Biru :

image

image

image

Catatan : Pernah saya posting juga di http://mugi.or.id/blogs/ditya_rs/archive/2010/05/28/mengenal-erorr-layar-biru-atau-blue-screen-pada-komputer.aspx